Monthly Archives: April 2016

Camera Rolling Action

SPFF

SMAK Santo Paulus Jember mengadakan kegiatan Saint Paul Festival Film (SPFF) pada tanggal 13 Mei 2016. Semua kelas diwajibkan membuat satu karya film dengan genre dan alur yang disesuaikan dengan minat masing-masing kelas. Film tersebut nantinya akan dilombakan dan dinilai oleh beberapa juri.

SPCF SEBAGAI SARANA CINTAI BUDAYA NEGERI

SPCF

29 April 2016, beberapa kelas tampak mulai sibuk mempersiapkan diri untuk  lomba. Latihan dilakukan sesuai dengan perjanjian kelas masing-masing. Setiap kelas memiliki ketua dan vocal menthor dari masing-masing suara yang bertugas untuk membentuk keharmonisan empat suara. Entah cuaca hari ini bersahabat atau tidak, memang tidak hujan tetapi panas yang cukup mendaulat membuat mereka terlihat lelah. Namun, tampaknya cuaca hari ini tidak mempengaruhi kuantitas kehadiran serta semangat dari beberapa anggota kelas. Banyak dari mereka tetap gigih untuk mempelajari lagu wajib serta lagu daerah masing-masing kelas.

Latihan Gamelan Perwujudan Cinta Remaja pada Budaya Nusantara

gamelan

Gamelan merupakan salah satu kesenian tradisional yang mulai dilupakan oleh masyarakat. Kini, masyarakat cenderung lebih tertarik pada segala sesuatu yang berbau modern. Namun tidak bagi SMAK Santo Paulus Jember. SMAK Santo Paulus juga turut melestarikan dan mengembangkan warisan budaya leluhur yang adiluhung tersebut melalui pembelajaran Bahasa Jawa.

DRAMAKU, KREATIVITASKU

drama

Rabu (27/04/2016), Kelas X IPA 2 mengadakan pementasan drama sederhana dalam rangka penilaian tugas Bahasa Indonesia. Drama yang dibawakan berasal dari cerita rakyat asal Sulawesi yang berjudul “Putri Monondeaga”. Kelas dibagi menjadi tujuh kelompok. Untuk masing-masing kelompok berjumlah 4-5 orang.

Musik adalah Bagian Hidup dari Mereka

band

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan wajib di luar jam pelajaran yang dipilih sesuai minat dan kemampuan murid untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Biasanya, kegiatan ekstrakurikuler berlangsung sore hari atau sepulang sekolah. Dengan adanya ekstrakurikuler, para murid dapat menjadikannya sebagai sarana bermain sambil belajar dan mendapat suasana pembelajaran yang baru sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Lolos 8 Besar, Santo Paulus Targetkan Juara Basket!

JBL-8-besar

Dalam lanjutan turnamen JBL hari ini (27/4/2016), tim basket putra berhasil memetik kemenangan. Laga yang mempertemukan SMAK Santo Paulus melawan SMA Tenggarang Bondowoso menampilkan permainan menarik. Jual beli serangan terus dilakukan oleh kedua tim.

Asyiknya Praktikum

pembelajran

Para pengajar SMAK Santo Paulus terus berupaya untuk menyajikan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi para muridnya. Hal ini bertujuan agar hasil yang diperoleh dapat berjalan dengan maksimal dan memuaskan. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk menguji pemahaman murid adalah dengan mengajak dan memberi kesempatan pada mereka untuk melakukan praktik langsung.