Monthly Archives: May 2016

KENALKAN ETIKA PERJAMUAN PADA MURID DAN GURU

TM3TM2TM1TABEL-MANER1

Etika dalam perjamuan makan sebenarnya tidak hanya dipelajari oleh keturunan kerajaan atau bangsawan seperti yang sering diceritakan dalam film-film Barat. Namun, semua lapisan masyarakat perlu tahu mengenai tata cara perjamuan makan. Tata cara saat perjamuan makan dikenal dengan istilah table manner.

BERAKHIR NAMUN MASIH BERLANJUT

cindi

Selasa, 31 Mei 2016, para murid SMAK Santo Paulus Jember telah menyelesaikan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang dilaksanakan mulai 23 Mei lalu. Tepat di hari terakhir ujian ini, hanya ada 1 mata pelajaran yang diujikan dan tentunya hal ini membuat para murid berseri kembali. Bagaimana tidak? Setelah 9 hari mengikuti ujian, tentunya otak yang kelelahan karena keras belajar membutuhkan ‘istirahat’ sejenak. “Perasaanku setelah UAS ya seneng ya, soalnya kan tanggungannya sudah selesai dan aku juga sudah berusaha sebaik mungkin buat ujian ini. Tapi rapotan itu masih membuat aku deg-degan”, begitu lah tanggapan Verren (XA 3) ketika ditanya mengenai perasaannya setelah menyelesaikan ujian hari ini. UKK memang telah selesai tetapi hasilnya masih akan kita terima pada tanggal 10 Juni 2016 mendatang. Asalkan kita sudah berusaha sebaik mungkin, tentunya hasil dirapt nanti tidak akan mengecewakan.

UAS SENI RUPA, UJIAN SEMBARI MENGEKSPRESIKAN IMAJINASI

uas-hari-ketujuh

Senin, 30 Mei 2016, hari ketujuh pelaksanaan UAS, para murid SMAK Santo Paulus makin semangat menghadapi ujian. Pasalnya, mereka sebentar lagi akan selesai menghadapi UAS. Pada hari ketujuh ini, Kelas 10 baik IPA/IPS menghadapi UAS Ekonomi dan Penjaskes sedangkan kelas 11 baik IPA/IPS harus berjibaku menghadapi Bahasa Jawa dan Seni Rupa.

HARI KEENAM UAS: TETAP SEMANGAT DAN TERUSLAH BERUSAHA!!

UAS-HARI-KEENAM

Sabtu (28/05/16), murid-murid SMAK Santo Paulus kembali berkutat menghadapi Ujian Akhir Semester Genap hari ke-6. Adapun hari ini materi yang diujikan adalah Bahasa Inggris untuk kelas X IPA, Bahasa Inggris dan Sejarah untuk X IPS, Geografi untuk XI IPS, dan Biologi untuk kelas XI IPA. Cara-cara dan metode belajar yang dipakai tidak jauh berbeda dari biasanya. Mulai dari belajar bersama, saling bertanya jawab, dan mengerjakan latihan-latihan soal.

BANYAK METODE UNTUK MENCAPAI SUKSES

Uas

Jumat (27/5/2016), murid-murid SMAK Santo Paulus menghadapi UAS hari kelima. Hari jumat, mereka diuji mata pelajaran Matematika dan Muatan Lokal (Desain Grafis) untuk seluruh anak kelas 10, mata pelajaran Fisika dan TIK untuk anak kelas 11 IPA untuk mata pelajaran Ekonomi dan TIK untuk anak kelas 11IPS. Saat pagi hari, sebelum bel masuk berbunyi, seperti biasa murid-murid menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk belajar.

Metode belajar yang digunakan pun tak jauh beda dengan pelajaran lain, banyak dari mereka belajar dengan memangku buku-buku pelajaran mereka masing-masing. Namun, untuk kelas 10 baik IPA maupun IPS sedikit berbeda lagi. Ada beberapa murid yang menggunakan jarinya untuk menghitung, mengerjakan soal dengan cara pengerjaan seperti catatan, dan mendalami rumus atau grafik. Selamat menempuh UAS kawan-kawan … (Shelly X IPA2 dan Shelly X IPA1)

DEVOSI KEPADA BUNDA MARIA

doa-rosario

Hari ini (26/5/2016), seusai UAS, Komunitas Galatia mengadakan doa Rosario di ruang Religiositas SMAK Santo Paulus. Doa Rosario ini diadakan setiap hari selama bulan Mei  secara bergiliran. Pada hari ini, Doa Rosario dipimpin oleh Eriyastra, murid kelas X IPA2. Murid Katolik dari komunitas lain pun diperbolehkan untuk mengikuti doa walaupun mereka sedang tidak bertugas saat itu. Semua anggota Komunitas Galatia pada hari ini wajib untuk mengikuti doa rosario. Hal ini berlaku untuk tiap komunitas lain yang bertugas. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan iman dan kasih umat Katolik kepada Sang Ratu Surga, Bunda Maria. (Shelly dan Shella Kelas X IPA1).

MURID DAN GURU: KAMI MEMILIKI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING-MASING

GURU

Kamis (26/05/2016), SMAK melangsungkan UAS hari keempat. Kemampuan murid-murid kembali diuji. Mereka dituntut untuk memertanggungjawabkan hasil belajarnya selama 1 semester di bidang Kimia dan Pkn untuk murid kelas X dan Bahasa Indonesia dan Penjaskes untuk murid kelas XI.

Dalam pelaksanaan ujian ini pun, beberapa guru tak luput dari tugas dan tanggung jawab untuk mengelompokkan dan memilah-milah LJK dan soal. Dalam hening, mereka bekerja dengan serius dan sungguh-sungguh. Semua itu dilakukannya untuk menghantarkan anak-anak didiknya ke gerbang keberhasilan. Selamat Berkarya untuk Keluarga Besar SMAK Santo Paulus!!