Monthly Archives: October 2016

SMAK SANTO PAULUS KEMBALI MENGIKUTI EKSPO DI MARIA FATIMA

marfat

Hari ini (29/10/2016), sekolah kami SMAK Santo Paulus mengikuti acara ekspo yang bertempat di SMPK Maria Fatima Jember. Tak hanya SMAK Santo Paulus saja yang memiliki kesempatan berpromosi, banyak juga sekolah lain juga memiliki kesempatan yang sama. Beberapa guru dan murid dari SMAK dikerahkan untuk membantu acara ekspo ini dengan tugas masing-masing. Ada murid yang bertugas menjadi fotografer, ada yang membantu guru mempersiapkan stand ekspo, ada pula yang membantu para guru untuk berpromosi. Ratusan murid dari SMPK Maria Fatima terlihat antusias dengan adanya ekspo ini.

SMAK Santo Paulus tak hanya memiliki fasilitas yang cukup baik sebagai sarana prasarana murid untuk belajar. Di sekolah ini kami juga diajarkan untuk menjadi murid yang disiplin, menjunjung tinggi kejujuran, serta diajak untuk berkreatif yang lebih lagi. So, jangan lihat dan pilih sekolah dari covernya aja ya! (Putri / X IPS 2 dan Nina / XI IPS 3)

SINEMATOGRAFI: PRODUKSI VIDEO SEBAGAI MEDIA PROMOSI

ekspo

Penerimaan Murid Baru (PMB) SMAK Santo Paulus gelombang pertama sudah dibuka. Banyak kegiatan dilakukan dalam program ini, yaitu membuat video promosi sekolah hingga presentasi ke sekolah-sekolah SMP. Tentunya, hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian para calon murid untuk bergabung dengan SMAK Santo Paulus.

Hari ini (28/10/2016) beberapa murid SMAK Santo Paulus yang merupakan alumni SMPK Maria Fatima berkumpul di GOR SMAK Santo Paulus untuk produksi video mengenai promosi sekolah. Pembuatan video ini digunakan sebagai salah satu media promosi SMAK di SMPK Maria Fatima yang akan ditayangkan dalam kegiatan expo di SMPK Maria Fatima besok. Persiapan ini dilakukan untuk menarik perhatian murid SMPK Maria Fatima khususnya untuk meneladani semangat para kakak kelasnya dan ikut bergabung dan mendaftar menjadi calon murid SMAK Santo Paulus (Devon dan Yohanes M. Kelas XI IPA).

TAK ADA GAZEBO, SELASAR PUN JADI

selasar1 selasar2

Sebagian murid pasti ingin memiliki suasana yang nyaman saat di sekolah, terutama jika mereka sedang menikmati waktu istirahat ataupun belajar. SMAK Santo Paulus memiliki empat gazebo yang cukup untuk menampung sekumpulan murid. Namun, jumlah itu masih dirasa kurang karena jumlah murid SMAK Santo Paulus tergolong sangat banyak. Oleh karena itu, beberapa para murid pun memilih selasar depan kelas sebagai tempat berkumpul.

Banyak murid menghabiskan waktu istirahatnya di selasar depan kelas, terutama murid yang sedang belajar untuk persiapan ulangan dan makan bekal yang dibawa dari rumah. Selasar depan kelas menjadi pilihan karena tempatnya yang nyaman dan juga tidak terlalu jauh dari kelas. Selain itu, tempatnya juga cukup luas sehingga dapat menampung banyak anak. Hal ini sangat efektif bagi murid yang butuh waktu lebih untuk belajar atau memakan bekal mereka. Akan tetapi, akan ada konsekuensi yang harus mereka tanggung. Mereka harus menjaga kebersihan selasar depan kelas agar suasana nyaman sekolah tetap terjaga (Tasya Kelas XI IPA 4).

KARATEKA SMAK SANTO PAULUS DI AJANG PERSIAPAN POPDA JEMBER

POPDA (Pekan Olahraga Pemuda Daerah) Jember tahun 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 November mendatang. Tentunya atlet yang mengikuti POPDA sudah harus mempersiapakan diri secara intensif sejak 6 bulan yang lalu. Namun, karantinanya baru diadakan sejak Kamis, 27 Oktober 2016. Latihan untuk POPDA bidang karate dilaksanakan setiap hari pada pukul 18.30-21.00. Salah satu teman kita, Eulalia Czesarina yang akrab kita panggil Alya merupakan salah satu peserta POPDA. Teman kita ini menekuni bidang karate sejak SD. Targetnya dalam POPDA tahun ini ialah mendapatkan 2 medali emas dan 7 medali lainnya. Tempat pelaksanaan POPDA karate ternyata tidak jauh dari sekolah kita sebab dilaksanakan di samping SMAK Santo Paulus, tepatnya Gedung Joko Tole SDN Kepatihan 4. Pesreta keseluruhan POPDA karate berjumlah 10 orang. Karena salah satu peserta mengalami retak pada tangannya, jumlah peserta hanya 9 orang. Semoga sukses Alia!!! SMAK mendukungmu! (Yogis, Alia, dan Lisya)

KEGIATAN PEMBELAJARAN PKN YANG MENGGEMBIRAKAN

della

Kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAK Santo Paulus memang selalu menyenangkan. Pada pembelajaran kali ini (24/10/2016), para murid kelas X-IPS4 diberi tugas untuk presentasi di depan kelas tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). Para murid dibagi menjadi 6 kelompok dan tiap kelompok beranggotakan 5-6 orang. Murid-murid terlihat senang dan mudah menerima materi pembelajaran .Hal ini terlihat dari antusiasme murid-murid untuk bertanya dan memberi tanggapan saat kelompok-kelompok lain mempresentasikan hasil kerja mereka. Dari pembelajaran ini, diharapkan murid mampu untuk lebih menghargai Hak Asasi Manusia dan lebih menegakkan Hak Asasi Manusia dalam kehidupan sehari-hari (Della Kelas X).

TIGA PEJUANG DI AJANG RAISE

Sabtu, 22 Oktober 2016, tiga murid TL Ekonomi SMAK Santo Paulus mengikuti lomba ekonomi akuntansi yang diadakan oleh Universitas Ciputra Surabaya. Lomba yang dinamakan RAISE (Run Accounting and Investment in Java) itu bertemakan halloween, sangat sesuai dengan bulan Oktober yang terkenal sebagai bulan halloween. Lomba ini diadakan dalam bentuk game untuk tim yang berisikan 3 anggota. Ada sekitar 12 pos yang memiliki peraturan dan nama yang berbeda, untuk master game ada sekitar 6 game.

Lomba ini tentu saja berada di luar ekspetasi para pesertanya. Selain harus menjawab soal, para pesertanya juga diajak untuk hidup sehat dengan berlari-lari menaiki tangga tiga lantai dan para pesertanya diajak untuk bermain dan bersenang-senang dengan berbagai macam game unik yang tersedia.

Game yang mereka hadapi juga ada yang berhubungan dengan akuntansi yaitu berhubungan dengan investasi dan uang. Selain itu, juga ada game yang menguji nyali seperti menangkap jangkrik yang posnya diberi nama Be Brave (Tasya Kelas XI IPA).

 

LOMBA RESENSI???

lomba

Lomba Resensi …. Siapa warga SMAK yang tidak mengetahui itu? Acara yang diadakan setiap tahun ini digunakan sebagai media penyaluran bakat dan minat murid dalam hal tulis-menulis. Ya, acara ini merupakan perwujudan atau puncak dari kegiatan Jam Membaca. Dalam ajang ini, para murid menunjukkan keahlian mereka membuat resensi yang telah diasah dalam tugas membuat resensi buku. Jadi, yuk ikut meramaikan suasana agar semakin menarik (Yogis & Samuel Kelas XI IPS)