Monthly Archives: January 2017

SEPENGGAL KISAH UNTUK LULUS

OR

Ujian praktik merupakan rangkaian kegiatan ujian kompetensi untuk menjamin kualitas kompetensi murid pada aspek motorik atau keterampilan sebagai komponen penting kompetensi selain pengetahuan dan sikap. Oleh karena itu, ujian praktik sangat diperlukan.

Selasa (31/1/2017) kelas XII baik IPA maupun IPS menjalani ujian praktik sebagai salah satu persyaratan dalam kelulusan. Ujian praktik sudah berjalan sejak hari Senin, 30 Januari 2017. Setiap kelas melaksanakan ujian praktik dengan mata pelajaran yang berbeda-beda. Beberapa kelas yang melaksanakan ujian praktik dua mata pelajaran dalam sehari namun ada pula kelas yang hanya menjalani satu mata pelajaran ujian praktik.

Hari ini kelas XII IPA 1 nampak menjalani ujian praktik dengan materi pendidikan jasmani dan kesehatan. Ujian praktik penjaskes tersebut dilakukan mulai pukul 09.30 WIB hingga selesai. Mereka diuji dengan melakukan senam kebugaran jasmani yang akan dilakukan sesuai dengan musik yang mereka persiapkan sendiri. Selamat ujian praktik kakak-kakak. Tuhan memberkati usaha kalian (Shella dan Rachel Kelas XI IPA)

PPS HARI KEDUA: CELEBRATING HARMONY IN DIVERSITY

PPS2

Kamis (26/01/2017) adalah hari kedua sekaligus hari terakhir event Pesta Pelindung Sekolah di SMAK Santo Paulus.  Rangkaian acara hari ini adalah misa kudus, pemberkatan gedung asrama baru, unjuk bakat murid-murid, dan pemilihan miss dan mister SMAK Santo Paulus. Untuk memperoleh gelar Miss dan Mister, murid-murid SMAK Santo Paulus tak sekadar cantik namun juga berwawasan luas dan berbakat. Uniknya, untuk tahun ini, pakaian Miss dan Mister ini wajib berasal dari barang bekas. Oleh karena itu, setiap kelas berlomba-lomba untuk berkreasi agar mereka dapat menyajikan busana yang mewah dan apik. Akhirnya, di sore hari diperoleh hasil bahwa Juara favorit diraih oleh Mr Kenneth (XA4) dan Miss Agnes(X-A3); gelar Runner up diraih oleh Mr Vrilo (XIS5) dan Miss Grenadine (XS5); gelar Mr Saint Paul 2017 diraih oleh Michael Jonathan dari kelas X-IPA 1, dan gelar Miss Saint paul diraih oleh Neshwara dari kelas XI-IPS 2. Selamat kepada para pemenang dan jangan berputus asa bagi yang belum beruntung!! Tetap semangat!!! (Della/XS4 dan Vinna XA4)

HARI PERTOBATAN PELINDUNG SEKOLAH

PPS1

Rabu (25/01/2017) adalah hari pertobatan Santo Paulus. SMAK Santo Paulus pun turut merayakannya dengan mengadakan pesta rakyat. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini biasa disebut dengan Pesta Pelindung Sekolah (PPS). Untuk tahun ini, acara diisi dengan bazar, Mr. and Mrs. Saint Paul, serta unjuk kreativitas dari seluruh kelas. PPS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena SMAK Santo Paulus mengundang seluruh orang tua murid, para alumni, bahkan siapa saja yang ingin menghadiri acara ini. Dengan memilih tema “Celebriting Harmony Indiversity”, tentunya SMAK Santo Paulus berharap agar para murid lebih menghargai perbedaan yang ada di Indonesia, lebih mencintai budaya Indonesia, dan lebih mencintai alam dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Acara PPS belum berakhir hari ini karena besok masih akan dilanjutkan sebagai puncak acaranya. Jadi, mari berpartisipasi dan memeriahkan hari jadi ini dengan penuh sukacita di hati ya teman-teman! (Cindi dan Axel Jeremmy Kelas XI IPA)

MEMUPUK JIWA KEPEMIMPINAN MELALUI OSIS

OSIS

OSIS adalah organisasi sekolah yang dapat membentuk karakter pelajar menjadi pribadi yang unggul dalam kepemimpinan, bertanggung jawab, mampu bekerja sama, dan mampu melayani. Oleh karena itu, SMAK Santo Paulus dengan bangga melantik kepengurusan OSIS periode 2016/2017 pada Senin, 23 Januari 2017.

Sebagai awal dari tugasnya, Devon Ezra Lee kelas XI IPA 1 yang telah terpilih sebagai ketua OSIS memberikan sambutan di depan keluarga besar SMAK Santo Paulus saat upacara pelantikan pagi tadi. Sambutan ini mendapat respon yang sangat baik dari seluruh warga sekolah. Devon juga berharap agar kepengurusan yang baru ini menjadi lebih solid, penuh dengan kreativitas, dan berani untuk mengadakan perubahan. Tidak lupa, Romo Deny selaku kepala sekolah juga memberikan amanat dan pesan bagi kepengurusan OSIS yang baru agar bekerja dengan penuh tanggung jawab, memegang kepercayaan yang telah diberikan supaya semua program kerja ke depan dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang baik pula. Semangat dan sukses untuk pengurus OSIS periode 2016/2017! (Cindi Kelas XI IPA3)

PERSIAPAN PPS 2017

persiapan

Pada hari Sabtu, 21 Januari 2017 beberapa kelas mulai mempersiapkan persiapan Pesta Pelindung Sekolah yang diadakan secara besar-besaran, khususnya persiapan Mr & Ms Saint Paul 2017. Salah satunya yaitu kelas XI – IPA 2, mereka mulai mempersiapkan kostum yang akan digunakan oleh Mr & Ms saat perlombaan Mr & Ms Saint Paul 2017 pada tanggal 26 Januari 2017. Mereka berlomba-lomba untuk memenangkan perlombaan tersebut. Maka dari itu, mereka pun berusaha untuk membuat persiapan semaksimal mungkin.

Mereka memikirkan model baju yang akan digunakan sematang-matangnya, kemudian memikirkan bagaimana cara membuat kostum terlihat lebih indah. Selain itu, mereka juga memikirkan aksesoris apa yang akan digunakan. Mereka pun dengan kompaknya membuat bahan yang diperlukan untuk PPS 2017 mendatang. (Rachellia XI A2/29 & Roselin XI A3)

DISIPLIN, TEGAS, DAN TANGGUH

Kamis, 19 Januari 2017, SMAK Santo Paulus mengadakan kegiatan latihan paskibra untuk mempersiapkan upacara bendera pada hari Senin yang akan datang. Bukan hanya fisik ataupun kedisiplinan yang dilatih tetapi semangat juga dilatih pada hari ini. Latihan hari ini terlihat berbeda. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR sekolah karena cuaca di luar sedang hujan. Meskipun begitu, murid Santo Paulus yang mengikuti paskibra  tersebut sangat berantusias sekali. Hal ini menunjukkan bahwa murid-murid anggota Paskib memiliki jiwa yang disiplin sekaligus tegas. Latihan paskibra memang melelahkan tetapi tidak ada satu pun murid yang me patah semangat dan mengeluh untuk berlatih. Kembangkanlah potensi apa yang kita punya agar kelak berguna bagi diri sendiri maupun orang lain (Johanes dan Irfan Kelas X IPS)

BELAJAR MENULIS ILMIAH

KTI
Karya tulis ilmiah atau yang biasa dikenal dengan singkatan KTI merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu. Karya tulis ini disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya. Kegiatan penulisan KTI biasanya dilakukan pada saat kelas XII sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir semester namun kegiatan penulisan KTI tersebut juga dilaksanakan dikelas XI sebagai latihan agar dapat mengetahui bagaimana cara penulisan KTI yang baik dan benar.
Pada hari ini, kelas XIA2 melakukan kegiatan penulisan KTI. Penulisan tersebut sebagai tugas dari pelajaran bahasa indonesia yang dibimbing oleh bapak miko. Para murid boleh menggunakan hp atau laptop untuk membuat KTI dan mencari informasi atau sumber mengenai KTI yang ditulisnya. Pembuatan KTI ini tidak dalam kelompok melainkan perorangan. Setiap murid membuat KTI dengan topik yang berbeda tetapi dengan tema yang sama yaitu kebahasaan. Dengan belajar membuat KTI ini, para murid dapat mengetahui cara-cara penulisan KTI yang benar dengan memperhatikan EYD, format KTI, penulisan daftar pustaka, penulisan catatan kaki atau footnote, dan masih banyak lagi yang telah dipelajari sebelumnya (Clarisa Kelas XI IPA).