Monthly Archives: February 2017

IKUTI SEMINAR PENYALAHGUNAAN NARKOBA

PAS

Sejak hari Senin, 27 Februari 2017 hingga Selasa 28 Februari 2017 perwakilan murid SMAK Santo Paulus mengikuti sebuah seminar bagi para remaja tingkat SMA, SMK, dan MA. Seminar ini diadakan dalam rangka semakin meningkatnya penyalahgunaan “NARKOBA” (NArkotika, psiKOtropika, dan Bahan Adiktif lain) di Indonesia.

Penyuluhan ini diadakan di Pusat Pendidikan dan Latihan Bumi Perkemahan Cadika, di Kecamatan Sempusari. Penyuluhan ini diadakan oleh DISPORA Kabupaten Jember. Sebanyak 102 orang pemuda dari berbagai sekolah menengah atas mengikuti penyuluhan ini dengan sangat antusias dan kritis. Lima murid SMAK Santo Paulus juga dikirim untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka yang terpilih untuk mewakili SMAK adalah Vanessa Amelia (XA1), Jeremia Santoso (XA2), Eulalia Cz.W (XA3), Maria Helena (XS1), dan C.R.Y. Bima N. (XS2).

Dengan rasa keingintahuan yang sangat tinggi seluruh peserta penyuluhan mendengarkan berbagai macam penjelasan dari para pemateri mengenai jenis narkoba, dampak narkoba, sanksi hukum dan psikologis bagi pengguna dan pengedar narkoba, serta penyakit-penyakit yang bisa menyerang tubuh apabila menggunakan narkoba tersebut. Penyuluhan juga menjelaskan mengenai hal-hal yang selalu terkait dengan narkoba seperti free sex, HIV/AIDS, homoseksual, LGBT, dan tindak kriminalitas.

Dari penyuluhan ini diharapkan bahwa kader dari masing-masing sekolah akan turut serta menyebarkan pengetahuan yang telah mereka terima kepada orang-orang di sekitar lingkungan mereka sehingga Indonesia akan berubah menjadi negara yang lebih baik dan maju tanpa adanya tindak-tindak kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba.

Jadi kita sebagai kaum muda harus selalu ingat hal hal ini. SAY NO TO DRUGS, SAY YES TO YOUR DREAMS! Salam Generasi Muda (Eulalia Czesarina W. Kelas X IPA3).

PANDHALUNGAN NIGHT SHOW

WUL
Jumat (24/2/2017)– SMAK Santo Paulus kembali tampil memukau untuk yang kesekian kalinya di depan warga Jember. Pandhalungan Night Show merupakan pentas kebudayaan Kabupaten Jember yang diadakan di Jember Education Garden. Pentas ini dimeriahkan oleh penampilan seni dari beberapa sekolah tingkat menengah dan pekerja seni Jember lainnya. Acara dibuka dengan flashmob Pandhalungan yang diikuti oleh para tamu undangan dan pengisi acara. Tim barongsai SMAK Santo Paulus mendapat kehormatan untuk tampil kedua kalinya di hadapan Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember. Dengan delapan barongsai, tim SMAK Santo Paulus menutup acara Pandhalungan Night Show sebagai pengisi acara terakhir (Wulan Kelas XI IPA3).

MENDAPATKAN PESAN MORAL MELALUI PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Apa manfaat dari mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia? Itu kan adalah bahasa ibu kita, lantas untuk apa dipelajari? Selama ini, kita hanya berpikir bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia itu adalah pelajaran yang tidak seharusnya dipelajari lebih dalam, hanya pelajaran yang menekankan cara untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Seringkali kita juga berpikir bahwa pelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang cukup rumit dan membosankan yang selalu mempelajari tentang keefektifan kalimat dan materi-materi rumit lainnya seperti analisis karya sastra. Padahal, di balik itu semua, mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki berjuta manfaat dalam pembentukan moral anak.

Hari ini (26/02/2017), Murid-murid kelas XI IPA 3 SMAK Santo Paulus mencoba menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dari sebuah cerpen dan hikayat.  Murid tentu akan lebih tertarik membaca sebuah cerita daripada membaca materi. Dengan membaca cerpen dan hikayat ini, murid-murid bisa lebih mencintai sastra serta mendapatkan pesan-pesan moral yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sebagai pedoman hidup dalam berkegiatan sehari-hari (Yohanes Kelas XI IPA3).

TUGAS BUKANLAH BEBAN

TUGAS

Jumat (24/2/2017)–Ditiadakannya kegiatan Katolisitas pada hari ini dimanfaatkan oleh beberapa murid untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Tentunya, tugas-tugas yang diberikan ini bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan murid. Oleh karenanya, sebagai murid kita semua wajib giat dan tekun dalam belajar yaa… Semangat terus kawan-kawanku! (Cindi Kelas XI IPA3)

SPV MELANTUNKAN LAGU MERDU

nia
Kamis (23/2/2017)– Hari ini Saint Paul Voices (SPV), paduan suara binaan Bapak Ibe bertugas secara khusus di acara pernikahan Bapak Yulius, guru Sinematografi SMAK Santo Paulus. Pernikahan ini dilangsungkan di Gereja Katolik Santo Yusup, Jember. Delapan buah lagu dilantunkan dengan sangat merdu dan syahdu. Dan tentu saja SPV berhasil membuat acara sakral ini berlangsung dengan meriah. Selamat menempuh hidup baru Bapak Yulius dan Ibu Ratna. Semoga berkat dan lindungan Tuhan selalu menyertai keluarga sekalian (Nia Kelas XI IPS4)

BELAJAR DAN HARGAI WAKTU

film
Pada hari Rabu (22/01/2017) murid XI IPA 2 dipersilakan untuk mengerjakan tugas film yang diberikan oleh Sir Donny dalam pelajaran bahasa Inggris. Mereka dibagi ke dalam enam kelompok yang masing-masing anggotanya berjumlah enam murid. Namun, satu kelompok terpaksa beranggotakan lima orang. Setiap kelompok memilih genre film yang berbeda-beda, seperti genre horror, komedi, bahkan roman.
Setiap hari Rabu mereka diberi waktu 1 jam pelajaran untuk mengerjakan proyek film kelompok masing-masing. Khusus untuk hari ini mereka diberi waktu selama 2 jam pelajaran. Mereka berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam pembuatan film bahasa Inggris ini karena tugas ini dapat membantu murid untuk menambah nilainya. Beberapa dari mereka sudah ada yang mulai proses pembuatan naskah, proses pengeditan, ataupun proses perekaman. Mereka pun memanfaatkan waktu yang diberikan sebaik mungkin. Tak hanya itu, dalam berdiskusi dengan kelompoknya mereka juga diharuskan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Mereka harus membayar seratus rupiah untuk setiap kata bahasa Indonesia yang mereka ucapkan (Rachellia & Shella XI-A2)

BERPRIBADI LUHUR DENGAN RENUNGAN

RENUNGAN

Pribadi yang berbudi luhur dan berperikemanusiaan adalah karakter yang dijunjung tinggi oleh SMAK Santo Paulus. Salah satu perwujudan hal ini adalah melalui kegiatan renungan pagi sebelum memulai pelajaran di sekolah. Renungan yang berdurasi kurang dari 5 menit ini berisi nilai-nilai positif seperti kasih, keadilan, kejujuran, kebijaksanaan, dan sebagainya. SMAK Santo Paulus berharap dengan adanya renungan, seluruh warga SMAK Santo Paulus mampu menjadi pribadi yang seimbang dalam mempergunakan logika dan nuraninya. Fasilitas speaker di setiap ruangan dan sudut-sudut sekolah menjadi perantara dalam penyampaian renungan ini (Cindy Kelas XI IPA3).