Monthly Archives: April 2017

APAKAH KAMU SUDAH MENGENAL MEREKA???

DAVID
Kenalkah kalian dengan tokoh-tokoh dunia? Di era seperti sekarang, anak muda kurang antusias untuk membaca biografi tokoh-tokoh dunia. Padahal, tokoh-tokoh itu dapat menginspirasi kita semua dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Bersyukurlah, jika melalui pelajaran Bahasa Indonesia kita bisa atau sedikit ‘dipaksa’ untuk mencari tahu mengenai tokoh-tokoh dunia yang memberikan 1001 inspirasi. Saat ini, materi ajar yang diberikan oleh guru pengajar adalah membahas tentang giografi tokoh. Dengan demikian, para murid Kelas XI IPA dan XI IPS diberi tugas untuk membaca biografi tokoh. Para murid diminta untuk mencatat biografi tokoh dan mengubahnya dalam bentuk poster. Agar pelajaran semakin asik, Ibu Dyah meminta mereka mengerjakannya di dalam satu kelompok. Mereka bisa bebas berkreasi dan menuangkan imajinasinya dalam poster tersebut. Banyak pengakuan dari para murid, semula mereka tidak mengetahui tentang tokoh-tokoh dunia yang sangat inspiratif. Menarik sekali, bukan?

Siap Sedia Segala Keperluan

SMAK Santo Paulus memiliki fasilitas yang tak kalah penting. Fasilitas tersebut yaitu koperasi sekolah. Koperasi sekolah menjual berbagai macam keperluan sekolah, mulai dari peralatan tulis, kertas gambar, kertas ulangan, ice cream, dan lainnya serta menyediakan jasa fotocopy dan printer. Selain itu, koperasi sekolah juga menjual kain seragam sekolah SMAK Santo Paulus. Koperasi sekolah SMAK Santo Paulus selalu ramai dikunjungi murid saat sebelum bel masuk sekolah, saat jam istirahat, maupun sepulang sekolah. Pelayanan di koperasi tersebut juga cukup memuaskan. Penjaga koperasi sekolah SMAK Santo Paulus yaitu Bu Silvie dan Pak Adek. Mereka banyak mengenal murid-murid SMAK Santo Paulus karena setiap murid pasti pernah berkunjung ke koperasi.

(Shella XI IPA 2 – 10)
(Rachel XI IPA 2 – 29)

BELAJAR BERBAHASA

PING
Kita mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Di dunia yang semakin maju ini, Bahasa Inggris sangatlah dibutuhkanuntuk menunjang aktivitas kita. Bermain game, berselancar di dunia maya, bertransaksi, dan berjualan membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik. Baik pelajar, pegawai, wirausaha, bahkan seorang pelayan juga harus dapat mengenalnya. Oleh karena pentingnya Bahasa Inggris, murid – murid SMAK SANTO PAULUS JEMBER diajar untuk dapat menguasai bahasa ini. Grammar, speaking, reading, dan listening sedikit banyak harus dikuasi oleh tiap murid.

Hari ini (26/04/2017), murid – murid kelas XI IPA 1 diajak untuk menambah kosakata mereka. Mam Vivien, selaku guru mata pelajaran Bahasa Inggris memberikan bacaan kepada para murid. Para murid harus mencatat kata-kata yang tidak mereka ketahui dan harus mencari artinya dalam Bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga harus mencari arti kata-kata tersebut dalam Bahasa Inggris. Berbekal kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Oxford Dixctionary, para murid mencari satu persatu arti kata. Hal ini diperlukan agar para murid lebih mengenal kosakata baru dan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari (Axel Jeremmy Lee Kelas XI IPA1).

Apa Guna Pelajaran Seni Suara ?

apa guna

Banyak orang yang masih meremehkan tentang pendidikan olah vokal. Bagi banyak orang, menyanyi dianggap sebelah mata sebagai sesuatu yang mudah. Namun nyatanya, di SMAK Santo Paulus,teknik olah vokal yang tercakup pada pelajaran seni suara menjadi pelajaran wajib bagi murid kelas X dan XI. Nilai ketuntasannya dihitung dari nilai motorik dan kognitif. Lalu, apa guna pelajaran seni suara bagi murid SMA? “Yang utama adalah mengentaskan kemiskinan musik agar pengetahuan musik tidak terlalu pop.. Jadi kita mengenalkan paduan suara juga.. Selain itu, supaya anak-anak SMAK itu minimal tahu teknik dasar menyanyi yang baik”,tutur guru pembimbing seni suara, Pak Ibe. Pembelajaran yang menyenangkan, sangat berdampak positif bagi murid. Tentunya,pembelajaran seni suara ini adalah salah satu pembelajaran yang menyenangkan,lho..

MEMBANGUN KARAKTER CINTA SEKOLAH

yogis
Membangun karakter cinta sekolah dapat ditanamkan melalui berbagai cara kreatif. Menggambar logo sekolah merupakan salah satunya. Dengan menggambar logo sekolah, murid dapat lebih memahami arti logo dan semboyan yang ada di logo “Per-disciplinam Ad-astra”. Sebuah semboyan ini mencerminkan semangat murid SMAK dalam mencapai impian yang tinggi dengan kedisiplinan. Selain menumbuhkan cinta pada almamater tugas desain grafis kali ini juga, menggabungkan antara budaya lokal Indonesia. Hal ini tentu membuat murid-murid semakin kreatif dan semakin cinta budaya lokal Indonesia (Yogis Kelas XI IPS2).

LATIHAN SAINT PAUL CHOIR FESTIVAL PUN DIMULAI

Pada hari ini tepatnya pada tanggal 22 April 2017, murid-murid kelas XA-4 tengah sibuk berlatih untuk event Saint Paul Choir Festival yang akan diadakan pada bulan Mei mendatang. Latihan ini dibimbing oleh guru seni suara yaitu Pak Ibe. Pertama-tama setiap murid diwajibkan untuk membawa partitur lagu daerah yang berbeda-beda. Setelah itu Pak Ibe yang menentukan lagu yang akan dibawakan pada saat SPCF. Sesudah sepakat dalam memilih lagu, murid-murid segera berkumpul pada kelompok suara yang telah dibagi sebelumnya. Latihan ini berlangsung selama 2 jam pelajaran seni suara (Viorent/X IPA 4, Viorell/X IPA 1).

Jpeg

Jpeg

Waktu terasa berjalan begitu cepat. Ujian Tengah Semester telah berhasil dilalui. Kini, murid – murid kelas X dan XI memiliki waktu satu bulan untuk mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) genap. Beberapa pelajaran telah menyelesaikan materi-materi yang nantinya akan diujikan pada Penilaian Akhir Semester Genap. Ulangan – ulangan pun mulai gencar bahkan telah selesai dilakukan.

Oleh karena, terdapat beberapa materi yang telah selesai, beberapa guru mengisi kekosongan jam pelajaran dengan mengadakan remedial untuk memperbaiki nilai-nilai tugas dan ulangan para murid yang nilainya tidak mencapai ketuntasan minimum. Murid – murid sangat bersyukur karena hal ini. Mereka tidak perlu pulang lebih sore untuk melakukan remedial seperti sebelumnya.

Hari ini, Jumat, 21 April 2017, Murid-murid kelas XI IPA 3 SMAK Santo Paulus mengikuti kegiatan remedial mata pelajaran Kimia. Kegiatan remedial Kimia dengan guru pengajar Bu Rini biasanya dilakukan sepulang sekolah. Berhubung materi pelajaran Kimia untuk kelas XI IPA telah terselesaikan, kegiatan remedial dilakukan pada saat jam pembelajaran. Murid – murid yang mengikuti remedial diminta untuk menempati bangku di meja – meja paling depan. Hal ini memudahkan Bu Rini dalam mengawasi dan membedakan dengan para murid yang tidak mengikuti remedial. Murid – murid yang remedial juga harus mempersiapkan remedial dengan baik agar tidak mencapai ketuntasan dan tidak perlu mengulang remedial lebih dari dua kali.

Hal ini tidak berarti murid-murid yang tidak mengikuti kegiatan remedial karena nilai-nilai ulangannya telah mencapai ketuntasan minimum hanya duduk santai melihat dan mendukung teman-temannya yang mengikuti kegiatan remedial. Mereka diberikan soal-soal latihan untuk mengisi kekosongan. Soal – soal yang diberikan cukup banyak dan dapat mengasah kompetensi murid. Murid – murid juga akan lebih siap dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester Genap akhir Bulan Mei nanti.