Monthly Archives: July 2018

SATU SEKOLAH, SATU TNI

Selasa (31/07/2018)–Kegiatan ‘1 SEKOLAH 1 TNI’ hari kedua berlangsung pada Selasa, 31 Juli 2018. Tidak kalah menarik dari hari pertama, hari kedua pun para murid kelas XI dan XII mendapat banyak ilmu dari para narasumber. Kegiatan hari ini berlangsung sejak pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Acara hari ini merupakan serangkaian kegiatan lanjutan dari hari sebelumnya yang bertujuan untuk menambah kedisiplinan siswa. Kegiatan tersebut di antaranya pengenalan yel-yel, pembelajaran Tata Upacara Sekolah (TUS) , dan outbond. Para murid anggota Paskibra SMAK Santo Paulus berkesampatan untuk belajar TUS langsung dari bapak TNI. Sedangkan para murid lainnya, mempelajari yel-yel dan bermain outbond. Ideologi Pancasila, Indonesia Jaya! (Della Putri R. Kelas XII IPS2)

HARI PERTAMA BERSAMA TNI

Senin, (30/7/2018) – Pukul 07.30 beberapa personil TNI datang ke sekolah kita untuk melatih murid-murid kelas XI dan XII untuk berlatih baris berbaris. Mendengar kata tentara, mungkin yang terlintas di pikiran kita hanyalah “seram” tetapi yang sebenarnya adalah bukanlah “seram” melainkan “tegas”. Kegiatan ini memang sedikit melelahkan. Namun, di balik itu semua, murid-murid SMAK Santo Paulus dapat memetik pelajaran berharga dari belajar bersama Bapak-Bapak TNI. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Besok kegiatan bersama TNI akan dilanjutkan dengan outbond. Tidak sabar menanti serunya hari esok?? (Keiko Leonata  / XI IPS 4)

TES PSIKOLOGI BAGI MURID KELAS XII

Sabtu (28/7/2018) – Kelas XII adalah kelas terakhir di masa sekolah. Di saat-saat inilah para siswa sibuk untuk menghadapi ujian akhir dan mayoritas siswa juga mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang berikutnya yaitu perkuliahan. Namun, tidak sedikit siswa kelas XII yang masih ragu dengan pilihan tempat maupun jurusan yang akan didalaminya di perkuliahan.

Karena alasan itu dan keinginan mempersiapkan masa depan anak didiknya semaksimal mungkin, SMAK Santo Paulus menyediakan sarana bimbingan, mulai dari bimbingan konseling yang ditujukan untuk memberikan arahan sesuai dengan cita-cita siswa hingga tes psikologi seperti yang dilakukan hari ini.

Bila data siswa yang dimasukkan valid yang berarti siswa mengerjakan dengan jujur, maka dengan mudah siswa dibantu untuk mengetahui potensi yang ada di dalam dirinya dan mengarahkan para murid untuk menggapai masa depan yang cemerlang sesuai “passion” mereka masing-masing. (Jessica Stephanie Wijaya / XIIA3)

SOSIALISASI KTI UNTUK KELAS XII

Jumat (27/07/2018)–Tahun ajaran baru 2018/2019 telah dimulai. Artinya, menjadi tahun yang menegangkan untuk para murid kelas XII yang baru. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, salah satu syarat kelulusan kelas XII adalah penyusunan KTI. Pada hari ini, 27 Juli 2018 telah diadakan sosialisasi KTI untuk murid kelas XII di Aula SMAK Santo Paulus Jember. Acara yang dipandu oleh Bapak Guntur ini wajib dihadiri oleh seluruh murid kelas XII. Dalam sosialisasi ini dijelaskan mengenai pilihan mata pelajaran yang dapat dipilih untuk merumuskan KTI murid. Selain itu, juga diberitahukan mengenai tanggal pengumpulan KTI. Para murid pun terlihat antusias saat mereka harus merumuskan mata pelajaran pilihan KTI mereka. Semoga sukses, kelas XII!! (Della Kelas XII IPS2)

SMAK SANTO PAULUS PEDULI KESEHATAN

Hari Rabu, 25 Juli 2018 dibagikan surat edaran kepada siswa SMAK Santo Paulus Jember. Surat edaran ini menginformasikan perihal Imunisasi Difteri Tahap 2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2018 oleh  Tim Kesehatan Puskesmas Jember Kidul di SMAK Santo Paulus Jember. Imunisasi ini diberikan kepada siswa secara gratis. Sesaat setelah dibagikan surat edaran mengenai imunisasi, beberapa murid terlihat panik karena takut oleh jarum suntik. Berkaca dari pengalaman imunisasi tahap yang pertama, tak jarang didapati murid yang masih takut atau bahkan menangis saat disuntik meskipun mereka sudah duduk di bangku SMA (Wilson Kelas XII IPA 2). 

BELAJAR BERSAMA PAK TENTARA? SEREM??


Selasa, 24 Juli 2018 diadakan kegiatan khusus untuk murid-murid kelas X IPA dan IPS yang masih berhubungan dengan materi MOS. Pemateri kegiatan yang dilakukan kali ini bukan berasal dari sekolah melainkan dari tentara langsung. Ada Pak Wawan dan Pak Edi yang membantu proses pelatihan PBB. Kegiatan itu antara lain adalah pengenalan dasar PBB, latihan baris berbaris yang benar, dan perekrutan anggota Paskibra SMAK Santo Paulus (Hellena P. XII IPS3).

BERKEGIATAN BERSAMA TNI POLRI

Senin (23/7/2018) – Karena menganggap materi dari TNI-POLRI sangat penting untuk mencegah radikalisme terutama bagi para siswa yang masih mengenyam pendidikan formal di sekolah, sekolah-sekolah di Jawa Timur tidak terkecuali SMAK Santo Paulus diwajibkan untuk mengadakan kegiatan MOM (Masa Orientasi Murid) selama 6 hari yang juga harus diisi dengan materi oleh TNI-POLRI. Secara teknis MOM 2018 di sekolah sudah selesai, namun untuk memenuhi kewajiban tersebut serta untuk membekali para siswa lebih lagi, maka hari ini para siswa kelas X mendapatkan materi tambahan.

Beberapa TNI datang ke SMAK Santo Paulus untuk memberikan materi tentang wawasan kebangsaan guna menanamkan rasa cinta tanah air dan menjauhkan para siswa dari radikalisme serta pemahaman yang menyimpang. Pertanyaan demi pertanyaan kritis mereka ajukan guna mengetahui secara lanjut hal yang mereka kurang pahami. Tidak hanya materi, para TNI juga melatih para siswa kelas X untuk baris berbaris (Jessica Stephanie W/XIIA3)