Suasana Baru dalam PPS 2020

Jumat, 24 Januari 2020 suasana berbeda tampak di SMAK Santo Paulus Jember. Lingkungan sekolah “memerah” beberapa saat disertai suasana ceria dari selurih warga SMAK Santo Paulus Jember. Inilah kemeriahan pesta pelindung skeolah (PPS 2020) yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena acara PPS berdekatan  dengan perayaan tahun baru cina yang jatuh pada tanggal 25 Januarai 2020.

Atas dasar inilah sekolah berinisiatif menggabungkan acara PPS dengan perayaan Imlek 2020. Acara PPS berlangsung selam dua hari yakni sejak tanggal 23 – 24 Januari 2020. Pada tanggal 23 acara PPS diawalid dengan lomba menyanyi lagu Tionghoa antarkelas. Selain itu, juga diadakan lomba fashion show antarkelas yang mengambil tema pakaian Tionghoa dengan bahan daur ulang. Pada hari kedua acara PPS diawali dengan misa syukur dengan nuansa Tionghoa.

Sejak pagi para murid sudah bersiap mengikuti misa sebagai wujud syukur dan harapan akan kesejahtreraan. Tepat pukul 07.30 WIB misa dimulai dan berlangsung dengan khidmat. Dalam homilinya, Romo Antonius Denny Cahyo S., S.S., M.Sc., M.Pd. menyampaikan tentang pentingnya menjadi pribadi yang tangguh, pantang menyerah, dan tekun dalam berusaha. “Dalam perayaan Imlek, terdapat budaya makan ikan Bandeng. Ikan Bandeng terkenal dengan durinya yang begitu banyak. Namun di balik itu semua, Bandeng menyimpan rasa yang nikmat. Sebelum menemukan kenikmatan, kita harus ulet dan telaten menyingkirkan banyaknya duri demi menemukan kenikmatan,” ungkap Romo Denny dalam homilinya.

Setelah misa selesai, para murid menggelar acara makan bersama di GOR sekolah. Acara makan bersama tampak begitu ceria dan sarat suasana kebersamaan. Setelah makan bersama selesai, para murid meluapkan kegembiraan dengan berswafoto. Saat berswafoto para murid juga tidak sungkan untuk mengajak Bapak/Ibu guru. Sungguh, suasana kegembiraan dan kebersamaan yang tercipta membuat para murid enggan untuk meninggalkan sekolah. Selamat merayakan Hari Raya Imlek 2020, Gong Xi Fat Cai.

Penulis: Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus