Mengintip Keseruan Ujian Praktik

Hai Sobat Saintpaulers! Memasuki bulan Februari awal, para murid kelas XII SMAK Santo Paulus mulai sibuk memasuki ujian. Ujian praktik menjadi awal dari serangkaian ujian yang akan dilalui oleh para murid yang sebentar lagi akan mengakhiri proses belajar di jenjang SMA. Ujian pratik bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar murid  dalam bidang keterampilan di setiap mata pelajaran.

Pada ujian praktik kali ini, para murid kelas XII harus mengikuti beberapa ujian antara lain mata pelajaran Sejarah, Agama, Tata Boga, Geografi, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, PPKn, Biologi, Matematika, Fisika, Ekonomi, Bahasa Jawa, Kimia, Bahasa Inggris, Sosiologi, dan Pendidikan Jasmani. Proses ujian yang sudah berlangsung sejak tanggal 5 Februari lalu memiliki keseruan tersendiri bagi para murid kelas XII.

Seperti yang dirasakan oleh salah satu murid kelas XII IPS 4, Vincent Ferdinand. Persiapan menjadi kunci dalam menghadapi setiap ujian praktik. “Perlu persiapan yang matang sebelum ujian praktik. Melatih kekompakan juga diperlukan karena ada beberapa mata pelajaran yang mengharuskan ujian secara berkelompok,” ujar Vincent. Selain itu, Vincent juga memberikan beberapa tips untuk menghadapi ujian praktik. Salah satunya yakni mempersiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Tidak lupa, berdoa juga menjadi kunci untuk ketenangan dalam menghadapi setiap ujian. Wah, semangat selalu ya buat kakak-kakak kelas XII dalam menghadapi ujian.

Salah satu mata pelajaran yang dinatikan para murid yakni saat ujian praktik Tata Boga. Ujian pratik Tata Boga yang diujikan mengharuskan murid memahami table maner dan memasak secara berkelompok dengan menu yang telah ditentukan. Ujian praktik bidang kuliner ini didampingi dan akan diuji oleh dua orang guru yakni Ibu Caecilia Ari Probowati, A.Md. dan Dra. Immaculata Sriunon K. M.yang memiliki keahlian dalam bidang masakan. “Tahun ini para murid harus menyajikan masakan khas nusantara sekreatif mungkin,” ujar Bu Caecilia saat ditemui di sela-sela menguji ujian praktik. Ujian praktik masih akan berlangsung sampai tanggal 15 Februari mendatang. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu untuk para murid kelas XII SMAK Santo Paulus.

Penulis: Jane Ignacia S./XI IPS 2